Rancangan Penelitaian Eksperimen - Informasi Sarjana Rancangan Penelitaian Eksperimen - Informasi Sarjana -->

Postingan Terbaru

Rancangan Penelitaian Eksperimen



A.  Pengertian
Rancangan penelitian eksperimen pada prinsipnya dapat didefinisikan sebagai metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat (causal-effect relationship).
Variabel yang digunakan dalam penelitian eksperimen adalah variabel bebas (independent variabel) dan variabel  terikat (dependent variabel).Variabel bebas biasanya merupakan variabel yang dimanipulasi secara sistematis. Di bidang pendidikan, yang diidentifikasi sebagai variabel  bebas diantaranya termasuk: metode mengajar, macam-macam penguatan (reinforcement), frekuensi penguatan, sarana prasarana pendidikan, lingkungan belajar, materi belajar, jumlah kelompok belajar, dan sebagainya. Variabel terikat merupakan variabel  yang diukur sebagai akibat adanya manipulasi pada variabel  bebas, yang sering dikelompokkan sebagai variabel  terikat di bidang pendidikan, misalnya hasil belajar siswa, kesiapan belajar siswa, kemandirian siswa, dan sebagainya.
B.  Tujuan
Penelitian eksperimen dilakukan oleh peneliti dengan tujuan mengatur situasi dimana pengaruh beberapa variabel terhadap satu atau lebih variabel terikat dapat diidentifikasi sehingga diperoleh informasi tentang variabel mana yang menyebabkan sesuatu terjadi dan variabel mana  yang memperoleh akibat dari terjadinya perubahan dalam suatu kondisi eksperimen.
Identifikasi untuk mengetahui ada tidaknya akibat darisesuatu yang diberi perlakuan oleh subjek yang diselidiki dapat dilakukan dengancara membandingkan satu atau lebih kelompok eksperimen yang telah diberi perlakuan dengan satu atau lebih kelompok yang tidak menerima perlakuan.


C.  Karakteristik
Penelitian eksperimen pada umumnya, menurut (Ary, 1985), mempunyai tiga karakteristik penting yaitu:
1)   Manipulasi variabel bebas
Yang dimaksud dengan manipulasi yaitu tindakan atau perlakuan yang dilakukan oleh seorang peneliti atas dasar pertimbangan ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka guna memperoleh perbedaan efek dalam variabel terikat.
2)   Mengontrol variabel lain
Control is an effort on the part of researcher to remove the influence of any variabel  other than the independent variabel  that ought affect perfomance on a dependent variabel(Gay, 1982).
Mengontrol merupakan usaha peneliti untuk memindahkan pengaruh variabel lain pada variabel terikat yang mungkin mempengaruhi penampilan variabel tersebut. Peneliti yang tidak melakukan kontrol secara sistematis, mengakibatkan peneliti tidak mungkin dapat melakukan evaluasi dengan melakukan pengukuran secara cermat terhadap variabel terikat. Untuk mengatasi hal tersebut maka proses eksperimen harus dipisahkan dengan variabel luar yang tidak diperlukan tetapi memiliki potensi yang mungkin dapat mempengaruhi hasil pengukuran pada variabel terikat
3)   Melakukan Observasi
Selama proses penelitian berlangsung, peneliti melakukan observasi terhadap kedua  kelompok tersebut. Tujuan melakukan observasi adalah untuk melihat dan mencatat fenomena apa yang muncul dalam variabel terikat sebagai akibat dari adanya kontrol dan manipulasi variabel.

D.  Proses Penelitian Eksperimen
Langkah penelitian eksperimen pada prinsipnya sama dengan jenis penelitian lainnya. Yang secara eksplisit dapat dilihat sebagai berikut.
1.    Adanya permasalahan yang signifikan untuk diteliti.
2.    Mengidentifikasi permasalahan.
3.    Melakukan studi literatur dari beberapa sumber yang relevan untuk menentukan hipotesis penelitian, menentukan definisi operasional dan variabel.
4.    Membuat rencana penelitian yang di dalamnya mencakup kegiatan:
a)    Mengidentifikasi variabel luar yang tidak diperlukan, tetapi memungkinkan terjadinya kontaminasi proses eksperimen.
b)   Menentukan cara untuk mengontrol variabel luar.
c)    Memilih desain riset yang tepat
d)   Menentukan populasi, sampel dan subjek penelitian
e)    Membagi subjek ke dalam kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen
f)    Membuat instrumen yang sesuai, memvalidasi instrumen dan melakukan pilot study agar memperoleh instrumen yang memenuhi persyaratan untuk mengambil data yang diperlukan
g)   Mengidentifikasi prosedur pengumpulan data, dan
h)   Menentukan hipotesis.
5.    Melakukan eksperimen
6.    Mengumpulkan data kasar dari proses eksperimen
7.    Mengorganisasi dan mendeskripsikan data sesuai dengan variabel yang telah ditentukan.
8.    Melakukan analisis data dengan  teknik statistika yang relevan

9.    Membuat kesimpulan
Anda telah membaca Rancangan Penelitaian Eksperimen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel