Sumber Belajar Dalam Pengajaran - Informasi Sarjana Sumber Belajar Dalam Pengajaran - Informasi Sarjana -->

Postingan Terbaru

Sumber Belajar Dalam Pengajaran

Pengajaran merupakan suatu proses sistemik yang meliputi banyak komponen. Salah satu dari komponen sistem pengajaran adalah sumber belajar.
Dalam pengertian yang sederhana sumber belajar (learning resources) adalh guru dan bahan-bahan pelajaran baik buku-buku bacaan atau semacamnya. Dalam desain pengajaran yang biasa disusun guru terdapat salah satu komponen pengajaran yang dirancangberupa sumebr belajar/pengajaran yang umumnya diisi dengan buku rujukan. Pengertian sumber belajar sesungguhnya tidak sesempit dan sesederhana itu.

Sumber Belajar Dalam Pengajaran
Sumber Belajar Dalam Pengajaran

Segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses atau aktivitas pengajran baik secara langsung maupun tidak langsung di luar diri peserta didik (lingkungan) yang melengkapi diri mereka pada saat pengajaran berlangsung disebut sebagai sumber belajar. Jadi pengertian sumber belajar sangatlah luas. 
Arif S Sadiman berpendapat bahwa segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan / memudahkan terjadinya proses belajar disebut sebagai sumber belajar. Dengan peranan sumber-sumber belajar memungkinkan individu berubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari  tidak terampil menjadi terampil dan menjadikan individu dapat membedakan mana yang baik dan tidak baik, mana yang terpuji dan tidak terpuji dan seterusnya. Dengan kata lin, sesungguhnya tidak ada bahan yang jelas mengenai  sumber  belajar sebab segala apa yang bisa mendatangkan manfaat atau mendukung dan menunjang individu untuk berubah ke arah yang lebih baik, positif, dinamis atau menuju perkembangan, dapat disebut sumber belajar. Bahkan proses pengajaran itu sendiri dapat disebut sumber belajar.
Edgar dale, berpendapat bahwa yang disebut sumber belajar itu adalah pengalaman. Ia mengklasifikasikan pengalam yang dapat dipakai sebagai sumber belajar menurut jenjang tertentu yang berbentuk Cone of experience atau kerucut pengalamn yang disusun dari yang konkret sampai yang abstrak yang tercantum dalam Audio visual methodes in teaching. 
Pengalaman yang konkret perlu untuk  setiap tingkat di atasnya. Setiap ide atau teori betap pun abstraknya berasal dari alam konkret. Sebaliknya teralampau banyak pengalaman langsung mungkin dapat menghambat ketercapaian pengertian yang lebih abstrak. Karena itu, kedua-duanya harus berjalan. Tidak selalau yang abstrak itu lebih sulit dari yang konkret. Malah kadang yang konkret bisa mengacaukan dari yang abstrak. 
Kembali pada pengertian awal mengenai sumber belajar, supaya lebih tegas, maka kita dapat menyatakan yang dimaksud sumber belajar dalam pengajaran adalah segala apa yang digunakan dan dapat mendukung proses kegiatan pengajaran secara lebih efektif dan dapat memudahkan pencapaian tujuan pengajaran, tersedia, baik yang langsung atau tidak langsung, baik konkret ataupun abstrak. 
Karena sumber belajar itu menjadi salah satu komponen sistem pengajaran, maka ia harus bekerja sama, saling berhubungan, dan saling ketergantungan dengan komponen pengajaran lainnya, bahkan ia tidak bisa ada dan berjalan secara terpisan sendiri tanpa berhubungan dengan komponen lainnya. 

Anda telah membaca Sumber Belajar Dalam Pengajaran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel