Pembelajaran terpadu model Connected - Informasi Sarjana Pembelajaran terpadu model Connected - Informasi Sarjana -->

Postingan Terbaru

Pembelajaran terpadu model Connected

Menurut Fogarty, Connected Model atau model terhubung merupakan model integrasi inter bidang studi. Model ini secara nyata mengorganisasikan atau mengintegrasikan satu konsep, keterampilan, atau kemampuan yang ditubuhkembangkan dalam suatu pokok bahasan atau sub pokok bahasan yang dikaitkan dengan konsep, keterampilan atau kemampuan pada pokok bahasan atau sub pokok bahasan lain, dalam satu bidan studi. Kaitan dapat diadakan secara spontan atau direncanakan terlebih dahulu.
Pembelajaran terpadu model Connected
Pembelajaran terpadu model Connected

Dengan demikian pembelajaran menjadi lebih bermakna dan egektif. Dengan kata lain, bahwa pembelajaran terpadu tipe connected adalah pembelajaran yang dilakukan dengan mengaitkan satu pokok bahawan dengan pokok bahasan berikutnya, mengaitkan satu konsep dengan konsep yang laim, mengaitkan satu keterampilan dengan keterampilan yang lain, dan dapat juga mengaitkan pekerjaan hari itu dengan hari yang lain atau hari berikutnya dalam suatu bidang studi.
Pengintegrasian ide-ide yang dipelajari tersebut terdapat dalam satu semester dengan semester berikutnya menjadi satu kesatuan yang utuh.
Keunggulan pembelajaran terpadu model connected.
Keunggulan pembalajaran ini antara lain sebagai berikut:

  1. Dengan pengintegrasian ide-ide inter bidang studi, maka siswa mempunyai gambaran yang luas sebagaimana suatu bidang studi yang terfokus pada suatu aspek tertentu
  2. Siswa dapat mengembangkan konsep-konsep kunci secara terus menerus, sehingga terjadilah proses internalisasi
  3. Mengintegrasikan ide-ide dalam inter bidang studi memungkinkan siswa mengkas, mengkonseptualisas, memperbaiki serta mengasimilasi ide-ide dalam memecahkan masalah.


Kelemahan pembelajaran terpadi tipe connected antara lain:

  1. Masih kelihatan terpisahnya inter bidang studi
  2. Tidak mendorong guru untuk bekerja secara tim sehingg isi pelajaran tetap terfokus tanpa merentangkan konsep-konsep serta ide-ide antar bidang studi
  3. Dalam memadukan ide-ide pada satu bidang studi maka usaha untuk mengembangkan keterhubungan antar bidang studi menjadi terabaikan.


Hadisubroto juga mengemukakan keunggulan dan kelemahan model connected. Keunggulannya adalah: a) dengan adanya hubungan atau kaitan antara gagasan di dalam satu bidang studi, siswa-siswa mempunyai gambaran yang lebih komprehensif dari beberapa aspek tertentu mereka pelajari secara lebi mendalam, b) konsep-konsep kunci dikembangkan dengan waktu yang cukup sehingga lebih dapat dicerna oleh siswa, c) kaitan-kaitan sejumlah gagasan di dalam satu bidang studi memungkinkan siswa untuk dapat mengkonseptualisasi kembali dan mengasimilasi gagasan secara bertahap, d) pembelajaran terpadu model connected tidak mengganggu kurikulum yang sedang berlaku.
Adapun kelemahan model ini adalah berbagai bidang studi masih tetap terpisah dan nampak tidak ada hubungan meskupun hubungan-hubungan itu telah disusun secara eksplisit di dalam satu bidang studi.

Anda telah membaca Pembelajaran terpadu model Connected

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel