Pentingnya Media Pembelajaran Interaktif - infosarjana/ Pentingnya Media Pembelajaran Interaktif - infosarjana

Pentingnya Media Pembelajaran Interaktif

Pentingnya Media Pembelajaran Interaktif

Proses pembelajaran merupakan salah satu tahap dalam menentukan keberhasilan belajar peserta didik yang membutuhkan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu guru untuk memudahkan dalam penyampaian materi yang disusun secara terencana, menarik dan merangsang peserta didik untuk meningkatkan pemahaman sehingga tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Wahyuni dkk (2013) mengemukakan bahwa media dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi, umpan balik, respon positif, meningkatkan motivasi dan perhatian serta konsentrasi belajar peserta didik. Media dalam pembelajaran fisika dapat menunjukkan fenomena secara nyata, bersifat abstrak, berukuran mikroskopis, dan kata-kata yang sulit menjadi mudah disampaikan serta menarik bagi peserta didik. Penggunaan media untuk mendapatkan pengalaman langsung dapat dilakukan menggunakan obyek sebenarnya berupa alat-alat praktikum dalam kegiatan laboratorium, atau menggunakan media berupa obyek tiruan menyerupai benda aslinya.


Penggunaan media dalam proses pembelajaran diklasifikasikan menjadi 4 kategori yaitu berbasis manusia, cetakan, visual, audio- visual dan komputer. Media pembelajaran yang umumnya digunakan di sekolah yaitu media berbasis manusia dan cetakan. Pembelajaran menggunakan media berbasis manusia dan buku teks menjadikan peserta didik bosan dan tidak tertarik dengan materi yang disampaikan sehingga peserta didik cenderung pasif. Interaksi belajar antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran menyebabkan terjadi transfer knowledge antara keduanya. Pembelajaran yang dilakukan dengan mendengarkan tanpa melakukan hal lain seperti menulis catatan kontribusi penguasaan materi sebesar 5%, dilanjutkan dengan membaca menjadi sebesar 10% dan dipelajari dengan bantuan audio visual menjadi sebesar 30%..

Guru masih kurang dalam memanfaatkan fasilitas komputer sebagai media pendidikan. Gere dkk (2015) menemukan pemanfaatan komputer di beberapa tempat pembelajaran atau di sekolah secara optimal hanya sebatas word processing. Guru yang menjelaskan materi sebagian besar kurang mampu memanfaatkan komputer dalam pembelajaran, sedangkan ahli komputer yang mampu merealisasikan segala hal dalam komputer umumnya tidak menguasai materi pelajaran contohnya fisika. Pengembangan media pengajaran berbantuan komputer dibutuhkan dalam upaya pembaharuan hasil-hasil teknologi pada proses belajar. Penelitian mengenai media pembelajaran berbantuan komputer memberikan dampak positif terhadap kegiatan pembelajaran.

Pengembangan media pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik telah mengenal dan mampu mengoperasikan komputer dan internet dengan baik. Pemanfaatan internet dalam pembelajaran di dalam atau di luar kelas membawa pengaruh positif yang menyebabkan terjadinya proses kemandirian, akselerasi, pengayaan, perluasan, efektifitas serta produktifitas dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pembelajaran yang diakomodasikan dengan internet menjadikan peserta didik berpikir kreatif, dan aktif, serta belajar sesuai dengan tingkat kecepatan belajarnya masing-masing. Internet kurang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran. Penggunaan internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar oleh peserta didik melalui multimedia interaktif.

Multimedia interaktif merupakan satu bentuk teknologi informasi yang digunakan dalam optimasi kegiatan belajar mengajar dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengembangkan keterampilan, mengidentifikasi masalah, mengorganisasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi. Penyajian materi disertai audio, gambar, animasi dan video mempermudah peserta didik untuk memahami materi. Multimedia interaktif menggunakan komputer dan internet digunakan sebagai pengganti perlengkapan laboratorium. Peserta didik yang melibatkan waktu cukup lama dalam pembelajaran menjadi pandai secara mandiri maupun kolektif . Im & Park (2014) menyatakan bahwa pemanfaatan multimedia interaktif berbasis web merupakan pendekatan yang efektif dalam proses pembelajaran. Penggunaan multimedia interaktif berbasis web yang telah dikembangkan antara lain Adobe Flash, Construct 2, POP-UP, Lectora Inspire, Virtual Reality Modelling Language, dan Macromedia Director Mx dan Java Script.

Anda telah membaca Pentingnya Media Pembelajaran Interaktif

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Media Pembelajaran Interaktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel