Langkah-langkah Penelitian Deskriptif - infosarjana/ Langkah-langkah Penelitian Deskriptif - infosarjana

Langkah-langkah Penelitian Deskriptif

Pendapat Ahli tentang Metode Penelitian Deskriptif  

Berikut adalah beberapa pendapat lain tentang mendefinisikan dan memahami metode penelitian deskriptif dari pendapat ahli. 

Arikunto 

Menurut Arikunto, penelitian deskriptif adalah penelitian yang berfungsi untuk menyelidiki keadaan, keadaan, atau hal lain yang dinyatakan, yang hasilnya disajikan dalam bentuk laporan penelitian. 

Sukmadinata 

Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena yang ada, baik alam maupun buatan, yang dapat meliputi kegiatan, sifat, perubahan, hubungan, persamaan dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan yang lainnya.

Koentjaraningrat 

Penelitian kualitatif dengan desain deskriptif adalah penelitian yang memberikan gambaran secara cermat tentang orang atau kelompok tertentu tentang keadaan dan gejala yang terjadi.



Langkah-langkah penelitian deskriptif 

Secara umum, langkah-langkah penelitian deskriptif  hampir sama dengan metode penelitian lainnya. Mungkin ada beberapa perbedaan, terutama saat menggunakan analisis yang berbeda mislanya jika penelitian yang dilakukan didasarkan pada penelitian kualitatif dan kuantitatif. Namun secara umum Sukardi menyebutkan langkah-langkah penelitian deskriptif  sebagai berikut:

  1. Identifikasi masalah yang signifikan untuk dipecahkan dengan metode deskriptif. 
  2. Mendefinisikan dan mendefinisikan masalah dengan jelas. 
  3. Menentukan tujuan dan manfaat penelitian. 
  4. Melakukan studi kepustakaan tentang masalah tersebut. 
  5. Menentukan kerangka pemikiran dan pertanyaan penelitian dan/atau hipotesis penelitian.
  6. Mendesain metode penelitian yang akan digunakan, antara lain dalam hal ini penentuan populasi, pengambilan sampel, prosedur pengambilan sampel, penentuan alat pengumpulan data dan analisis data. 
  7. Mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data  menggunakan teknik statistik yang relevan. 
  8. Menyiapkan laporan investigasi. 

Jenis-jenis Metode Penelitian Deskriptif 

Berbicara tentang jenis atau jenis-jenis penelitian deskriptif tentu sangat beragam. Penelitian ini dapat dipadukan dengan berbagai metode penelitian lainnya seperti deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif hingga deskriptif verifikatif. Berikut  beberapa jenis penelitian deskriptif yang sering dilakukan  peneliti. 

Metode penelitian deskriptif kualitatif 

Metode penelitian deskriptif kualitatif menurut Sugiyono adalah metode penelitian berdasarkan filosofi post-positivisme yang biasa digunakan untuk mempelajari keadaan objek alam, dengan peneliti bertindak sebagai alat sentral dan menggambarkan situasi secara objektif atau menggunakan fakta-fakta yang terlihat. 

Selain itu, menurut para ahli lain, metode penelitian deskriptif kualitatif antara lain menurut  pendapat Sukmadinata adalah metode deskripsi dan deskripsi fenomena yang ada, baik alam maupun buatan, yang lebih memperhatikan sifat-sifatnya. , kualitas, keterkaitan antar aktivitas. 

Metode Penelitian Kuantitatif Deskriptif  

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif Deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk menyajikan hasil kumpulan data kuantitatif atau statistik, seperti survei, apa adanya, tanpa dihitung atau dilihat dalam kaitannya dengan perlakuan lain atau variabel. Jadi survei yang dilakukan adalah primadona. Survei tidak dilakukan untuk membandingkannya dengan hasil survei lain untuk menarik kesimpulan tertentu. 

Tentu saja, untuk memastikan validitasnya, kita harus membandingkannya dengan definisi metode penelitian deskriptif kuantitatif menurut pendapat para ahli. Dalam pengertian ini, penelitian deskriptif kuantitatif menurut Bungin adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan, menjelaskan atau merangkum berbagai kondisi, situasi, fenomena atau  variabel penelitian yang berbeda menurut fakta yang dapat dipotret. diwawancarai, diamati. serta yang dapat diungkap melalui materi dokumenter. 

Metode Penelitian Deskriptif Analitik 

Menurut Sugiyono Metode Penelitian Deskriptif Analitik merupakan metode untuk memperoleh data yang solid, data yang bermakna dan dapat mempengaruhi secara signifikan isi penelitian. Ini berarti bahwa metode ini  secara langsung mewakili sifat hubungan antara peneliti dan partisipan atau subjek dan subjek penelitian. Metode ini juga bertujuan untuk menganalisis objek yang diteliti untuk memperoleh data yang detail. 

Metode penelitian deskriptif verifikatif 

Sedangkan metode verifikatif menurut Sugiyono adalah metode penelitian yang pada dasarnya berfungsi untuk memverifikasi teori dengan menguji atau menguji hipotesis. Verifikasi berarti menguji teori dengan menguji hipotesis untuk melihat apakah itu diterima atau ditolak. 

Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik  untuk menguji apakah  variabel tersebut cocok dengan hipotesis yang diajukan. Pada dasarnya penelitian ini merupakan bukti yang diberikan dengan cara mendeskripsikan data yang diperoleh melalui penelitian sebagai verifikasi ulang. 

Metode Penelitian Deskriptif Korelasi 

Korelasi deskriptif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang hubungan antar variabel pada saat penelitian dilakukan. Ini berarti bahwa selama hubungan atau hubungan itu masih dieksplorasi, hubungan itu hanya dimaksudkan untuk disajikan, bukan untuk menarik kesimpulan khusus dari hubungan itu pada saat itu muncul. Misalnya, penelitian mencatat hubungan antara metode pengajaran dan pengajaran, terlepas dari efektivitas atau pengaruh  metode pengajaran terhadap pengajaran. Menurut Sugiyono, penelitian deskriptif korelasional adalah metode penautan atau metode penelitian yang mencoba menghubungkan suatu unsur/unsur dengan unsur/unsur lain untuk menciptakan bentuk dan bentuk baru yang berbeda dari sebelumnya.


Anda telah membaca Langkah-langkah Penelitian Deskriptif

Belum ada Komentar untuk "Langkah-langkah Penelitian Deskriptif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel