8 Kriteria Menjadi Guru Profesional - infosarjana/ 8 Kriteria Menjadi Guru Profesional - infosarjana

8 Kriteria Menjadi Guru Profesional

Indonesia sangat membutuhkan guru profesional untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Terserah para guru untuk menjadikan Indonesia negara yang hebat bagi generasi muda Indonesia. Di era 4.0, guru diharapkan semakin profesional. Karena itu, Anda bisa berlatih sesuai waktu. Pasalnya, tantangan pendidikan di abad 21 semakin menantang. Oleh karena itu, untuk menggairahkan siswa, perlu diketahui standar guru profesional. 

Berikut adalah beberapa kriteria guru professional:

1. Terbuka

Untuk meningkatkan kepribadian siswa, pertama-tama kita harus melakukan perbaikan. Oleh karena itu, guru yang profesional harus mampu menerima pertanyaan, kritik dan pendapat dari siswa. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, Anda harus  berpikiran terbuka. Daripada mengelompokkan siswa yang bijak, bodoh, dan biasa-biasa saja, lebih baik sedikit berubah pikiran. Setiap anak itu unik dan bisa sukses dengan kemampuannya. 

2. Bisa Menjadi contoh 

Siswa biasanya meniru guru. Oleh karena itu, Anda perlu menjadi seseorang yang dapat memberi contoh. Sebagai contoh, siswa perlahan-lahan menemukan diri mereka melakukan hal yang sama. Ini juga menjangkau siswa yang lebih dewasa. Misalnya, untuk membuang sampah. Daripada menegurnya dengan kata-kata, lebih baik memberi contoh dalam sertifikat. 

3. Memiliki Kepekaan Hati 

 Guru  profesional dapat merasakan, memahami dan melihat  kondisi siswa. Berdasarkan ekspresi wajah, gerak tubuh, nada suara, dan lainnya. Dengan cara ini, guru dapat dengan cepat memahami apa yang dialami  siswa. Ini juga harus ditimbang terhadap sikap sensitif untuk mengatasinya. 


4. Memahami Proses 

Pendidikan dan pembelajaran adalah sebuah proses. Proses ini tidak selalu  cepat untuk semua siswa. Oleh karena itu, sangat penting  untuk memahami pentingnya proses. Oleh karena itu, perlu dipahami kepribadian setiap siswa. Dan tahan dengan  itu. Bahkan jika siswa tidak memahaminya, pastikan untuk berterima kasih kepada mereka atas upaya mereka. Jika perlu, terus memuji sambil meningkatkan. Berfokus hanya pada kegagalan dapat menyebabkan kemalasan dan mencegah siswa dari belajar. 

5. Memahami Jiwa Siswa 

Menjadi guru yang memahami hakikat jiwa manusia, kekurangannya, dan cara menghadapinya. Latar belakang Anda mungkin bukan psikologi. Namun, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda dengan membaca buku tentang psikologi siswa dan menghadiri seminar pendidikan. Dengan memahami jiwa seorang siswa, secara tidak langsung Anda  dapat menciptakan karakter yang baik. Ingatlah bahwa menjadi guru bukan hanya mengajar, tetapi juga mengajar, mengajar dan mengajar. 

6. Adil 

Dalam konteks guru profesional, adil berarti tidak ikut serta dalam partai atau kelompok manapun. Guru harus mampu mengakomodasi setiap siswa dengan kepribadian dan kemampuan yang berbeda-beda. Dengan kata lain, bersikaplah objektif, bukan subjektif. 

7. Bijaksana 

Guru profesional dapat membuat keputusan yang bijaksana, mengatasi masalah dan bertindak. Akibatnya, Anda akan lebih dihormati oleh siswa Anda. 

8. Fleksibel 

Untuk menjadi seorang guru, Anda membutuhkan prinsip-prinsip nilai dan pengetahuan sehari-hari. Namun, dalam hal mediasi, lebih baik  fleksibel atau tidak tetap. Guru  profesional dapat menyesuaikan diri dengan kondisi, perkembangan, sifat, keterampilan, dan latar belakang siswa.


Anda telah membaca 8 Kriteria Menjadi Guru Profesional

Belum ada Komentar untuk "8 Kriteria Menjadi Guru Profesional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel