Berbagai Metode Pembelajaran Online di Masa Pandemi - infosarjana/ Berbagai Metode Pembelajaran Online di Masa Pandemi - infosarjana

Berbagai Metode Pembelajaran Online di Masa Pandemi

Dengan segala keunggulan metode pembelajaran  online, guru dan siswa dapat menyesuaikan metode pembelajarannya dengan kebutuhan kelas masing-masing. Jenis-jenis metode pembelajaran  online yang dapat Anda gunakan adalah: 

Synchronous Learning 

Synchronous Learning adalah sistem pembelajaran paling umum yang selalu diterapkan. Proses pembelajaran ini disebut pembelajaran sinkron karena guru dan siswa hidup berdampingan untuk melakukan proses belajar mengajar. 

Permohonan dapat dilakukan secara langsung atau online. Metode ini selalu digunakan dalam pendidikan tatap muka  dimana guru dan siswa  bertemu secara tatap muka di dalam kelas untuk melaksanakan proses pembelajaran. Dengan metode pembelajaran online proses pembelajaran yang sinkron menjadi nyata dengan menjamurnya media online seperti Google Classroom, Skype, dan Zoom Meeting. Proses pembelajaran sinkron online biasanya dilakukan melalui aplikasi media online yang  menghubungkan guru dan  siswa pada waktu dan waktu yang  disepakati bersama. 

Dengan menerapkan proses pembelajaran sinkron guru dan siswa dapat menyadari manfaat sebagai berikut: 

  1. Waktu yang lebih fleksibel untuk melaksanakan proses belajar mengajar. 
  2. Ada interaksi langsung antara guru dan siswa. 
  3. Partisipasi dalam proses pembelajaran dengan jumlah peserta yang tidak terbatas, termasuk webin nasional dan internasional. 

Proses pembelajaran Asinkron 

Proses pembelajaran asinkron adalah sistem pembelajaran yang tidak mengharuskan proses pembelajaran selesai pada waktu yang disepakati oleh guru dan siswa. 

Melalui proses pembelajaran ini, guru dapat menyampaikan materi dan siswa dapat mempelajari dan mengolahnya dalam waktu yang lebih fleksibel.  Metode pembelajaran asinkron semakin populer sejak Covid19, di mana sekolah, kursus, dan bahkan seminar diadakan secara online. Proses pembelajaran online ini memungkinkan siswa untuk mempelajari materi kapan saja, di mana saja. Keunggulan metode pembelajaran asinkron dapat dirasakan sebagai berikut. 

  1. Guru memiliki keleluasaan untuk menyiapkan materi pembelajaran. 
  2. Dapat digunakan di mana saja, di zona waktu yang berbeda. 
  3. Jangan khawatir, koneksi internet tidak harus ada secara bersamaan. 

Blended Learning Process 

Sesuai dengan namanya, proses blended learning merupakan gabungan dari sistem pembelajaran synchronous dan asynchronous. Sistem pembelajaran online campuran ini memungkinkan guru dan siswa untuk menyeimbangkan kedua metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan kelas mereka. 

Guru dan siswa dapat setuju untuk menerapkan sistem asinkron yang memberi siswa lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi materi, tetapi guru dan siswa juga dapat menggunakan sistem pembelajaran sinkron untuk menggali lebih dalam materi.  

Keseimbangan sistem pembelajaran sinkron dan asinkron ini memungkinkan guru dan siswa mencapai pengalaman belajar dan mengajar yang lebih efektif dan mendalam. Manfaat yang dapat dicapai dengan menggunakan proses blended learning tercantum di bawah ini. 

  1. Siswa memiliki lebih banyak kesempatan untuk memahami dan mempelajari mata pelajaran. 
  2. Guru memiliki akses lebih untuk membantu siswa yang kesulitan  memahami materi melalui  sistem campuran  sinkron dan asinkron. 
  3. Keseimbangan antara metode sinkron dan asinkron membuat siswa lebih gesit dan disiplin. Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat metode blended learning lihat gambaran umum sebelumnya tentang manfaat metode blended learning. Dengan perkembangan jam dan teknologi, perubahan dalam kehidupan kita sehari-hari semakin meningkat, termasuk proses pendidikan dan pembelajaran yang terus berkembang dan berubah.


Anda telah membaca Berbagai Metode Pembelajaran Online di Masa Pandemi

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Metode Pembelajaran Online di Masa Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel