Karakteristik dan Desain Penelitian Eksperimen - infosarjana/ Karakteristik dan Desain Penelitian Eksperimen - infosarjana

Karakteristik dan Desain Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimental adalah penelitian di mana seorang peneliti dengan sengaja memanipulasi satu atau lebih variabel. Para peneliti mengadopsi metode yang dapat mempengaruhi variabel-variabel ini. Inilah yang dikatakan Arboleda. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penelitian eksperimental berimplikasi pada penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dalam kondisi variabel terkontrol. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keadaan sebab akibat yang dipengaruhi oleh variabel bebas dari variabel terikat. Ketika melakukan penelitian,  peneliti membandingkan satu variabel dengan variabel lainnya dengan cara yang berbeda. 

Karakteristik Penelitian Eksperimental 

Penelitian eksperimental memiliki empat elemen utama: hipotesis, variabel bebas, variabel terikat, dan subjek. Hipotesis  penelitian ini diambil dari kesimpulan awal peneliti sebelum melakukan penelitian. 

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini dapat dibagi menjadi dua jenis: eksperimental dan non-eksperimental. Variabel eksperimen ditentukan secara langsung sesuai dengan tujuan penelitian, sedangkan variabel non eksperimen ditentukan secara acak. 

Penelitian eksperimental memiliki tiga karakteristik. Ini termasuk variabel instrumental, variabel kontrol tertentu dalam penelitian ini, dan partisipasi langsung peneliti dalam penelitian ini. 

Desain Penelitian Eksperimental 

Ada empat desain penelitian eksperimental yang dapat digunakan baik dalam penelitian ini maupun disertasi. 

  1. Pre-Experimental Design (Nondesigns)  dimana desain penelitian ini belum optimal. Hal ini disebut suboptimal karena masih ada variabel eksternal yang dapat mempengaruhi pembentukan variabel dependen. 
  2. True Experimental Design. Desain ini memungkinkan peneliti untuk mengontrol semua variabel eksternal yang mempengaruhi proses penelitian yang dirancang.
  3. Factorial Design. Definisi desain faktorial adalah modifikasi dari desain lain, desain eksperimen yang sebenarnya, dengan mengamati potensi variabel moderator.
  4. Quasi Experimental Design. Jenis desain terakhir dalam penelitian ini adalah mengembangkan desain eksperimen yang sebenarnya cenderung lebih sulit. Desain ini memiliki kontrol, tetapi tidak bekerja dengan sempurna.


Anda telah membaca Karakteristik dan Desain Penelitian Eksperimen

Belum ada Komentar untuk "Karakteristik dan Desain Penelitian Eksperimen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel