Eksperimen Semu (Kuasi Eksperimen) : Definisi, Tujuan, Langkah, dan Desainnya - infosarjana/ Eksperimen Semu (Kuasi Eksperimen) : Definisi, Tujuan, Langkah, dan Desainnya - infosarjana

Eksperimen Semu (Kuasi Eksperimen) : Definisi, Tujuan, Langkah, dan Desainnya

Eksperimen semu adalah eksperimen yang meliputi pengolahan (processing), pengukuran hasil (result measurement), dan satuan percobaan (experimental units), tetapi tidak menggunakan penempatan acak . Dalam penelitian lapangan, metode desain eksperimen semu (metode desain eksperimen semu) terutama digunakan. Desain tidak memiliki batas pengacakan yang ketat  dan dapat mengontrol ancaman efektivitas pada saat yang sama. Ini disebut eksperimen semu. Hal ini dikarenakan variabel-variabel yang perlu dikontrol atau dimanipulasi tidak memiliki atau tidak memiliki karakteristik desain eksperimen yang sebenarnya dalam eksperimen ini. 

Tujuan penelitian eksperimen semu adalah kondisi eksperimen murni dalam kondisi di mana tidak mungkin untuk mengontrol dan/atau memanipulasi semua variabel yang relevan, yaitu mengestimasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas hubungan sebab akibat dengan memasukkan kelompok kontrol selain kelompok eksperimen, namun pemisahan kedua kelompok tersebut tidak dilakukan dengan metode acak. Studi kuasi-eksperimental ditujukan untuk menjelaskan hubungan, menjelaskan penyebab  peristiwa, atau keduanya. 

Langkah-langkah penelitian kuasi-eksperimental 

  1. Berikut adalah langkah-langkah eksperimen semu: 
  2. Melakukan tinjauan literature, terutama yang berhubungan dengan masalah yang akan di teliti 
  3. Mengidentifikasi dan membatasi masalah penelitian 
  4. Mengembangkan hipotesis penelitian 
  5. Kami biasanya mengembangkan desain yang menyertakan 
  6. Eksekusi tahap pertama dari data feed 
  7. Pelaksanaan pengumpulan data tahap pertama (pre-test) 
  8. Melakukan percobaan 
  9. Tahap kedua (post-test) pengumpulan data 
  10. Pengolahan dan analisis data. 
  11. Pembuatan laporan 

Desain yang ada dari metode eksperimen semu 

a. Non-equivalen grup desain

Desain Non-equivalen grup desain adalah desain yang paling umum digunakan dalam penelitian sosial. Ini terstruktur seperti  eksperimen pra-tes acak setelah pasca-tes. NEGD menggunakan grup utuh dalam banyak kasus. Pertimbangkan ini sebagai kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Di bidang pendidikan, Kita dapat memilih antara dua kelas yang setara. Dua komunitas yang sama dapat digunakan dalam survei berbasis komunitas. kita mencoba untuk memilih grup yang semirip mungkin, tapi kita tidak pernah bisa yakin kelompok-kelompok yang sebanding.  Dengan kata lain, jika Anda menetapkannya secara acak, kecil kemungkinan kedua kelompok tersebut serupa. Ini sering kali karena kelompoknya mungkin tidak sama. Ini berarti bahwa tugas yang diberikan kepada kelompok  tidak boleh acak. Berarti bahwa tugas yang kita berikan untuk kelompok seharusnya tidak acak. Dengan kata lain, peneliti tidak menguasai tugas untuk kelompok melalui mekanisme penugasan acak., ini yang dinamakan desain kelompok nonequivalent.

b. Desain pre-test dan post-test 

 Dari sekian banyak desain eksperimen, desain pre-test dan post-test adalah untuk membandingkan kelompok peserta dan mengukur sejauh mana perubahan yang terjadi sebagai akibat dari perlakuan Ini adalah metode yang disukai . Desain pre-and post-test berkembang dari desain post-test sederhana saja, dengan beberapa masalah mengenai penugasan dan penugasan peserta ke kelompok. 

c. Desain Regresi-Diskontinuitas

Desain Regresi-Diskontinuitas Bagi kebanyakan orang, "regresi" berarti kembali ke regresi sebelumnya yang lebih primitif, dan "diskontinuitas" adalah puncak yang tidak wajar atau lebih mulus, artinya pergeseran  proses yang  lebih berkesinambungan. Namun, dalam kasus metode survei, Regresi Diskontinuitas (selanjutnya disebut "RD") tidak memiliki arti negatif tersebut. Sebaliknya, desain RD dianggap sebagai cara yang berguna untuk menentukan apakah suatu program atau pengobatan efektif. Desain RD tidak banyak digunakan dalam penelitian sosial. Penggunaan yang paling umum adalah untuk penilaian pendidikan kompensasi, di mana anak-anak sekolah  yang  nilai tes kinerjanya di bawah  nilai standar tertentu diberi pelatihan khusus untuk meningkatkan kinerjanya. Frekuensi rendah dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, desain RD memaksakan penugasan peserta ke suatu kondisi hanya berdasarkan indikator kuantitatif. Mungkin alasan paling jelas untuk desain RD adalah bahwa desainnya tampaknya tidak valid. 

Desain RD memiliki potensi besar untuk evaluasi program dan penelitian. Dari sudut pandang metodologis, kesimpulan  dari desain RD yang dijalankan dengan baik  sebanding dengan kesimpulan dari studi acak. Desain RD sering  dapat digunakan secara langsung dalam tugas pengukuran yang ada, karena statistik tipikal sebagian besar sistem manajemen informasi  dikumpulkan secara teratur. Keuntungan dari desain RD memastikan upaya pendidikan yang lebih besar di pihak komunitas metodologi untuk memfasilitasi penerapannya dengan benar.


Anda telah membaca Eksperimen Semu (Kuasi Eksperimen) : Definisi, Tujuan, Langkah, dan Desainnya

Belum ada Komentar untuk "Eksperimen Semu (Kuasi Eksperimen) : Definisi, Tujuan, Langkah, dan Desainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel