Tips Supaya Mudah Menulis Skripsi - infosarjana/ Tips Supaya Mudah Menulis Skripsi - infosarjana

Tips Supaya Mudah Menulis Skripsi

Skripsi menjadi hantu yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa, terutama yang berada di semester akhir. Banyak mahasiswa yang kesulitan menyelesaikan studinya karena alasan tersebut, mulai dari sulitnya mencari topik untuk dipelajari, sulitnya mencari waktu untuk konsultasi, dan masalah persiapan Skripsi yang sulit lainnya. Dari sekian banyak kendala dalam menulis Skripsi, salah satunya mungkin terlewatkan pada awal penulisan Skripsi. Untuk alasan ini, Anda disarankan untuk mempertimbangkan tips berikut tentang cara menulis Skripsi sebelum Anda mulai menulis Skripsi Anda. 

Memahami bidang studi 

Tips menulis Skripsi Pertama, Anda perlu memahami bidang studi. Tanpa memahami bidang studi, tentu  sulit  untuk menemukan masalah, menemukannya, serta menjelaskan dan menjelaskan apa yang sedang dipelajari. Sasaran survei, ruang lingkup survei, pembuatan kerangka berpikir, pembuatan alat survei, klasifikasi hasil survei, pembahasan  hasil survei, kesimpulan dan saran. 

Mata kuliah Skripsi akhir biasanya selesai pada semester akhir, mengapa yang terakhir? Hal ini dikarenakan mahasiswa cenderung memahami apa yang telah dipelajari pada perkuliahan  dan seminar sebelumnya. 

Sebelum memulai penelitian, sebaiknya Anda belajar melalui membaca, diskusi, seminar, dan kegiatan akademik lainnya yang berkaitan dengan bidang yang sedang kita pelajari. Penelitian yang tidak memahami bidang studi akan sulit dilakukan. 

Memahami Metode Penelitian 

Tips  Penulisan Skripsi Kedua: Penulisan Skripsi dilakukan melalui penelitian. Untuk melakukan penelitian,  mahasiswa perlu memahami  metode penelitian yang  digunakan untuk melakukan penelitian. Dengan memahami metodologi penelitian, peneliti sudah memiliki roadmap untuk  melakukan penelitian.. Studi penulisan Skripsi adalah studi akademis, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini  harus benar. Untuk memastikan Anda menggunakan metode yang tepat, Anda memerlukan seorang mentor untuk memastikan langkah dan metode tersebut benar. Pemahaman tentang metode penelitian dapat dicapai dengan membaca lebih banyak literatur  dari buku dan sumber lain. Selain itu, ajukan pertanyaan tambahan dan diskusikan dengan orang yang lebih tahu tentang metode penelitian. Diskusikan dengan senior Anda, sesama siswa, atau, jika mungkin, instruktur yang bersangkutan. 

Memahami Pedoman Penulisan Semua 

Universitas harus memiliki buku pegangan untuk menulis Skripsi mereka. Petunjuk penulisan ini harus dipatuhi oleh semua mahasiswa saat menulis Skripsinya. Sebelum Anda mulai menulis Skripsi, disarankan agar mahasiswa terlebih dahulu membiasakan diri dengan pedoman penulisan Skripsi untuk masing-masing kampus. Manual ini umumnya menentukan warna sampul, ukuran kertas, sistem penulisan, ukuran dan jenis font, kutipan, penomoran dan penamaan gambar, penomoran dan penamaan tabel, dan deskripsi bibliografi. 

Membangun hubungan baik dengan pembimbing Hal terakhir yang harus dilakukan dalam  penulisan Skripsi adalah membangun dan menjaga hubungan baik dengan pembimbing. Hubungan siswa-mentor harus dirancang agar proses nasihat dan penulisan  berjalan  lancar, memenuhi kriteria, dan selesai dengan cepat. 

Indikator kelancaran dalam menulis Skripsi adalah tidak adanya hambatan psikologis (ketakutan dan tekanan) dan bimbingan ahli yang ketat. Jika siswa mempelajari tata krama dan sopan santun serta menguasai materi yang mereka konsultasikan selama proses konsultasi, mereka akan dapat membangun hubungan yang baik antara siswa dan atasannya. Tata krama yang dimaksud berkaitan dengan pakaian, perilaku, dan gaya berbicara dalam proses konseling. 

Dalam proses konsultasi, Anda perlu menguasai materi yang akan dikonsultasikan. Indeks kemahiran dalam materi ini adalah jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan dari pembimbing. 

Berdoa 

Setelah semua usaha Anda maksimal, satu-satunya hal lain yang harus dilakukan adalah berdoa. Mintalah kepada Yang Maha Kuasa untuk membuka jalan bagi gelar sarjana  dan menguatkannya dalam prosesnya. 

Hal penting lainnya adalah membuat sistem pendukung Anda sendiri. Bergabunglah dengan orang-orang yang berada di bidang yang sama. Rekan-rekan yang saling bertukar informasi, ilmu dan saling menguatkan  akan  lebih aktif dalam menyelesaikan Skripsi Anda. 


Anda telah membaca Tips Supaya Mudah Menulis Skripsi

Belum ada Komentar untuk "Tips Supaya Mudah Menulis Skripsi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel