Macam-macam Media Pembelajaran - infosarjana/ Macam-macam Media Pembelajaran - infosarjana

Macam-macam Media Pembelajaran

Jenis-Jenis Media Pembelajaran dan Keistimewaannya 

Media Pembelajaran adalah komponen pendidikan yang meliputi berita, orang, dan perlengkapan. Menurut Syaifulbahri Djamarah dan Aswan Zain, media merupakan sarana untuk menyebarluaskan pembelajaran dan informasi berita. Dalam perkembangannya, media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dapat dibagi menjadi empat kelompok: 

1. Media yang Diperoleh dari Teknologi Percetakan 

Teknologi cetak adalah suatu cara membuat atau menyampaikan materi seperti buku dan materi gambar diam, terutama melalui pencetakan mekanis atau foto. proses. Lahir dari teknologi pencetakan, grup media mencakup teks, grafik, foto, atau representasi fotografi. 





Fitur media  cetak: 

  1. Teks dibaca secara linier 
  2. Mnunjukkan komunikasi searah dan reseptif 
  3. Menunjukkan statis atau diam 
  4. Perkembangannya sangat bergantung pada prinsip diskusi 
  5. Berorientasi pada siswa atau terpusat. Pendekatan Student-centric adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada karakteristik dan kebutuhan individu siswa. Institusi pendidikan dan guru hanya berperan sebagai pendukung. Sistem pendekatan yang berpusat pada siswa ini dirancang seperti itu. Memungkinkan siswa untuk belajar dengan sistem fleksibel yang dirancang untuk membentuk gaya belajar mereka. Dalam hal ini, guru dan lembaga berperan sebagai pendukung, perantara, dan semangat belajar siswa. 
  6. Informasi dapat ditempatkan atau diatur  ulang oleh pengguna 

2. Media diperoleh dari teknik audiovisual 

Teknik audiovisual, cara mengangkut bahan menggunakan mesin mekanik dan elektronik untuk menyajikan pesan audiovisual. Audiovisual Penyajiannya akan diperagakan secara  jelas dengan penggunaan perangkat keras seperti seperti pada saat proses pembelajaran B. Proyektor, tape recorder, proyektor layar lebar. 

Fitur: 

  • Huruf linier 
  • Menyajikan elemen visual yang dinamis 
  • Desainer menggunakan cara tertentu 
  • Representasi fisik dari ide-ide nyata atau abstrak 
  • Perilaku dan kognisi Dikembangkan sesuai dengan prinsip-prinsip psikologi 

Pendekatan  berorientasi  guru atau berorientasi lembaga adalah sistem pendidikan tradisional di mana hampir semua kegiatan pembelajaran sepenuhnya dikendalikan  oleh  guru dan staf lembaga. Dalam sistem ini, guru menyampaikan pengetahuan kepada siswa dalam bentuk  beberapa  bentuk mata pelajaran kurikulum. Pembelajaran biasanya berlangsung dan selesai dalam jangka waktu tertentu. Metode pengajaran yang digunakan sama, tetapi metode pengajaran tatap muka biasanya digunakan. 

3. Media berbasis teknologi berbasis komputer

Berbagai aplikasi teknologi berbantuan komputer dalam pembelajaran biasanya disebut sebagai instruksi berbantuan komputer. Aplikasi untuk jenis dan tujuan presentasi meliputi tutorial, langkah-langkah penyajian materi, latihan dan latihan latihan untuk membantu Anda menguasai materi, permainan, dan simulasi yang telah dipelajari sebelumnya (menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang baru saja Anda miliki). Latihan untuk membantu siswa menambah informasi dan pengetahuan yang mereka anggap tepat (dipelajari dari itu dan database (sumber)) 

Fitur media berbasis teknologi berbasis komputer: 

  1. Dapat digunakan secara acak, tidak berurutan, atau linier 
  2. Dapat digunakan sesuai keinginan siswa dan desainer 
  3. Ide disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik 
  4. Prinsip-prinsip Ilmu Kognitif untuk Pengembangan Medium ini 
  5. Berorientasi siswa dan interaktivitas siswa  tinggi 

4. Hasil Kopling Media untuk Teknologi Percetakan dan Komputer 

Teknik Kopling adalah metode produksi dan produksi bahan baku dengan menggunakan berbagai bentuk media komputerisasi. Komputer dengan fitur-fitur hebat seperti memori dalam jumlah  besar, hard drive besar, monitor resolusi tinggi dan pemutar disk video, perangkat keras untuk menghubungkan ke jaringan, paralel (alat tambahan) seperti sistem audio. 

  1. Acak, berurutan dan linier tersedia 
  2. Tidak hanya direncanakan dan diminta oleh perancang, tetapi juga dapat digunakan sesuai keinginan siswa 
  3. Gagasan, tergantung pada apa yang relevan bagi siswa, tergantung pada pengalaman siswa, di bawah kendali siswa Disajikan secara realistis 
  4. Konstruktivis Pembelajaran yang memulai pengembangan dan penerapan prinsip-prinsip dan pendidikan ilmu kognitif, diatur di sekitar domain kognitif sehingga pengetahuan diperoleh ketika pengetahuan ini digunakan. Materi Pembelajaran Meliputi Siswa Interaktif, Materi menggabungkan kata dan gambar dari berbagai sumber

Selain pembagian, media pembelajaran dibagi lagi menurut jenis, ruang lingkup, dan materi. 

 1. Media dikategorikan sebagai berikut: 

a) Media Pendengaran 

 Radio, perekam kaset, lampu hitam, dan media lain yang hanya mengandalkan suara Media  ini tidak cocok untuk tunarungu atau tunarungu. Hambatan 

b) Media Visual 

 Media Hanya bergantung pada penglihatan. Ada gambar diam seperti strip film, slide, foto, gambar, lukisan, dan media yang dapat menampilkan cetakan. Beberapa, seperti film bisu dan kartun, menampilkan video dan simbol. 

c) Media audiovisual 

 Media dengan unsur audio dan  gambar. Jenis media ini termasuk jenis media pertama dan kedua, sehingga memiliki fungsionalitas yang lebih baik. 

 Media ini dibagi sebagai berikut: 

 1). Audiovisual murni, yaitu elemen audio dan gambar  dari satu sumber, seperti kaset video  

 2). Audiovisual tidak murni. Artinya, elemen audio dan gambar berasal dari berbagai sumber. Misalnya, film bergambar suara yang elemen gambarnya berasal dari  proyektor slide dan elemen audionya berasal dari tape recorder. 

2. Ditinjau dari segi jangkauan, media dikategorikan sebagai berikut: 

a) Media jangkauan yang luas dan serentak 

Penggunaan media ini secara spasial dan spasial tidak terbatas  dan  dapat menjangkau sejumlah besar siswa pada saat yang bersamaan.  seperti radio, televisi, internet 

b) Media terbatas spasial dan spasial 

Saat menggunakan media tersebut, seperti film seri Tondis, yang harus digunakan dalam empat kondisi tertutup dan gelap Memerlukan ruangan dan lokasi khusus. 

c. Media Pembelajaran Pribadi 

Media ini  hanya digunakan oleh satu orang Media ini merupakan modul terprogram dan merupakan instruksi pada komputer Anda. 

3. Dilihat dari materinya, media dikategorikan sebagai berikut. 

  1. Media Sederhana. Media ini pada dasarnya mudah diperoleh, murah, mudah dibuat dan  tidak sulit digunakan. 
  2. Media Kompleks. Media ini merupakan bahan dasar yang kompleks, sulit diperoleh, mahal, sulit dibuat, dan  memerlukan pengetahuan yang memadai untuk menggunakannya.

Anda telah membaca Macam-macam Media Pembelajaran

Belum ada Komentar untuk "Macam-macam Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel